SEALANT
1. URAIAN
Ada dua tipe dari
sealant yang digunakan pada mobil, satu adalah seal static seperti gasket dan
lainnya adalah seal dinamic seperti oli seal.
Perhatikan gambar yang
dibentuk dalam penempatan gasket atau formed-in place gasket (FIPG) dengan seal
static.
2. SEAL STATIC
Seal static menghubungkan komponen secara statis (diam) biasanya
digunakan pada komponen statis. Yang fungsinya selain menghubungkan, juga untuk
mencegah kebocoran pelumas, cairan pendingin dan gas hasil pembakaran. Salah
satu contoh penggunaan seal static adalah Gasket Kepala Selinder.
GASKET
KEPALA SILINDER
Gasket
kepala silinder (cylinder head gasket) letaknya antara blok silinder dan kepala
silinder, fungsinya untuk mencegah kebocoran gas pembakaran, air pendingin dan
oli. Gasket kepala silinder harus tahan panas dan tekanan dalam setiap
perubahan temperatur. Umumnya gasket dibuat dari carbonclad sheet steel
(gabungan carbon dengan lempengan baja) karbon itu sendiri melekat dengan
graphite, dan kedua-duanya berfungsi untuk mencegah kebocoran yang ditimbulkan
antara blok silinder dan kepala silinder, serta untuk menambah kemampuan
melekat pada gasket.
3. FORMED IN PLACE GASKET (FIPG)
Lapisan FIPG
menghubungkan antara komponen-komponen dan menyebabkan melekat bersama dengan
kuat. FIPG juga tahan air, tahan kotoran, tahan kebocoran dan tahan karat. FIPG
penggunaannya luas pada mesin dan transmisi.
FIPG adalah perekat
setengah padat yang dimasukan dalam tube. Umumnya dibuat dari silicone. Atau
acrylate dan mengeras pada temperatur ruang.
Berikut ini kelebihan
gasket FIPG dari pada gasket yang terbuat dari kertas atau karet.
· Melekat pada semua permukaan yang dibentuk dengan rata
· Diperlukan sedikit tenaga saat pembentukan gasket, dan buat yang digunakan
jangan sampai longgar setelah menempel
· Mudah dalam penyimpanan
(1)
Syarat-Syarat FIPG
Agar dapat diandalkan
merapatkan antara komponen dengan komponen, maka FIPG harus mempunyai sifat
antara lain seperti berikut
·
Elastisitasnya baik
·
Melekatnya kuat
·
Kekentalannya tidak berubah walaupun ada perubahan temperatur
·
Sedikit perubahan kualitas atau komposisi dengan waktu yang lama untuk
beberapa tahun
·
Harus mudah dibersihkan dari komponen-komponen yang dilepas
(2)
Tipe FIPG
Saat ini ada beberapa
tipe FIPG, spesifikasinya terdapat dalam petunjuk service tertulis dibawah
Gambar di bawah
memperlihatkan lokasi dan tipe komponen dimana FIPG digunakan. Untuk penanganan
yang tepat, ikutilah selalu petunjuk pada buku pedoman reparasi dan gunakanlah FIPG
dalam penempatan yang benar.
(3)
Penanganan dan Pencegahan FIPG
Ikuti catatan berikut
ini bila menggunakan FIPG
a. Sebelum melapisi dengan FIPG, bersihkan FIPG yang lama dengan bensin dan
bersihkan area yang akan diberikan seal dengan bensin putih atau material yang
sejenis
b. Gunakan FIPG yang sesuai. Penggunaan FIPG yang berbeda akan memberikan
perapat yang rendah dan menyebabkan kebocoran oli
c. Setelah menyambung komponen-komponen dengan FIPG, jangan segera menambah
oli atau mengoperasikannya. Tabel berikut akan memperlihatkan, waktu yang
diperlukan untuk FIPG saat pengerasannya setelah komponen-komponen dihubungkan.
d.
Sebelum menyimpan FIPG, tutuplah rapat-rapat tubenya
Sumber : PT. TAM, New Step 1
baiklah sob...sekedar refreshing saja, setelah selesai mempelajari materi tersebut silahkan klik link dibawah untuk latihan soalnya. berikut link nya....cekidot!
Latihan Soal Sealant
Sumber : PT. TAM, New Step 1
baiklah sob...sekedar refreshing saja, setelah selesai mempelajari materi tersebut silahkan klik link dibawah untuk latihan soalnya. berikut link nya....cekidot!
Latihan Soal Sealant
No comments:
Post a Comment