Friday, March 7, 2014

Materi TDO - SEALANT


SEALANT

1.      URAIAN

Ada dua tipe dari sealant yang digunakan pada mobil, satu adalah seal static seperti gasket dan lainnya adalah seal dinamic seperti oli seal.
Perhatikan gambar yang dibentuk dalam penempatan gasket atau formed-in place gasket (FIPG) dengan seal static.


2.      SEAL STATIC


Seal static menghubungkan komponen secara statis (diam) biasanya digunakan pada komponen statis. Yang fungsinya selain menghubungkan, juga untuk mencegah kebocoran pelumas, cairan pendingin dan gas hasil pembakaran. Salah satu contoh penggunaan seal static adalah Gasket Kepala Selinder.

GASKET KEPALA SILINDER

Gasket kepala silinder (cylinder head gasket) letaknya antara blok silinder dan kepala silinder, fungsinya untuk mencegah kebocoran gas pembakaran, air pendingin dan oli. Gasket kepala silinder harus tahan panas dan tekanan dalam setiap perubahan temperatur. Umumnya gasket dibuat dari carbonclad sheet steel (gabungan carbon dengan lempengan baja) karbon itu sendiri melekat dengan graphite, dan kedua-duanya berfungsi untuk mencegah kebocoran yang ditimbulkan antara blok silinder dan kepala silinder, serta untuk menambah kemampuan melekat pada gasket.


3.      FORMED IN PLACE GASKET (FIPG)

 



 
Lapisan FIPG menghubungkan antara komponen-komponen dan menyebabkan melekat bersama dengan kuat. FIPG juga tahan air, tahan kotoran, tahan kebocoran dan tahan karat. FIPG penggunaannya luas pada mesin dan transmisi.



FIPG adalah perekat setengah padat yang dimasukan dalam tube. Umumnya dibuat dari silicone. Atau acrylate dan mengeras pada temperatur ruang.
Berikut ini kelebihan gasket FIPG dari pada gasket yang terbuat dari kertas atau karet.
·        Melekat pada semua permukaan yang dibentuk dengan rata
·    Diperlukan sedikit tenaga saat pembentukan gasket, dan buat yang digunakan jangan sampai longgar setelah menempel
·        Mudah dalam penyimpanan


(1)   Syarat-Syarat FIPG

Agar dapat diandalkan merapatkan antara komponen dengan komponen, maka FIPG harus mempunyai sifat antara lain seperti berikut
·         Elastisitasnya baik
·         Melekatnya kuat
·         Kekentalannya tidak berubah walaupun ada perubahan temperatur
·         Sedikit perubahan kualitas atau komposisi dengan waktu yang lama untuk beberapa tahun
·         Harus mudah dibersihkan dari komponen-komponen yang dilepas

(2)   Tipe FIPG

Saat ini ada beberapa tipe FIPG, spesifikasinya terdapat dalam petunjuk service tertulis dibawah



Gambar di bawah memperlihatkan lokasi dan tipe komponen dimana FIPG digunakan. Untuk penanganan yang tepat, ikutilah selalu petunjuk pada buku pedoman reparasi dan gunakanlah FIPG dalam penempatan yang benar.




(3)   Penanganan dan Pencegahan FIPG
Ikuti catatan berikut ini bila menggunakan FIPG
a.    Sebelum melapisi dengan FIPG, bersihkan FIPG yang lama dengan bensin dan bersihkan area yang akan diberikan seal dengan bensin putih atau material yang sejenis
b.  Gunakan FIPG yang sesuai. Penggunaan FIPG yang berbeda akan memberikan perapat yang rendah dan menyebabkan kebocoran oli
c.  Setelah menyambung komponen-komponen dengan FIPG, jangan segera menambah oli atau mengoperasikannya. Tabel berikut akan memperlihatkan, waktu yang diperlukan untuk FIPG saat pengerasannya setelah komponen-komponen dihubungkan.



d.      Sebelum menyimpan FIPG, tutuplah rapat-rapat tubenya


Sumber : PT. TAM, New Step 1 

baiklah sob...sekedar refreshing saja, setelah selesai mempelajari materi tersebut silahkan klik link dibawah untuk latihan soalnya. berikut link nya....cekidot!
      
       Latihan Soal Sealant