PENERAPAN STRATEGI PBAS PADA PEMBELAJARAN
PRODUKTIF 1 DALAM RANGKA PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS X TMO-1 SMK
NEGERI 6 BANDUNG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2007/2008
Herna Raharja, NIM. 034819, Pembimbing I : Drs. H. Dadang
Hidayat M., M.Pd; Pembimbing II : Ridwan Adam M.N., S.Pd. Jurusan Pendidikan
Teknik Mesin FPTK UPI Bandung Tahun 2008
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan data hasil observasi awal peneliti
selama melakukan kegiatan PLP di SMKN 6 Bandung TA 2006/2007 pada kelas X TMO-1
atas saran dari guru diklat produktif yang mengajar dikelas tersebut yang
mempunyai masalah bahwa terutama untuk kompetensi mengidentifikasi komponen
engine dan istilah otomotif, ketuntasan belajar siswa sangat kurang. Atas saran
tersebut kemudian penulis mencari data, terutama dalam proses belajar mengajar
yang dilaksanakan, sehingga diperoleh bahwa keaktifan siswa kelas X TMO-1
sangat rendah yakni sebesar 13,5% (5 orang) siswa yang aktif dari jumlah siswa
37 orang dengan nilai rata-rata kelas (diambil dari hasil ujian akhir murni)
sebesar 6,05 dengan ketuntasan belajar 43,24%. Berdasarkan kedua permasalahan
tersebut, diperlukan suatu tindakan dari guru untuk mengatasi masalah yang ada.
Tindakan yang diberikan berupa penerapan strategi PBAS. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar terutama aktivitas dan prestasi
belajar siswa dalam pembelajaran produktif 1 di kelas X TMO-1 SMKN 6 Bandung
melalui penerapan strategi PBAS pada proses pembelajarannya. Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga
siklus pembelajaran. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes,
observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
persentase keaktifan siswa pada tiap siklus. Pada siklus I keaktifan siswa sebesar
52,32%, siklus II 68,00% dan siklus III 82,00%. Meningkatnya keaktifan siswa
memberikan dampak positif pada hasil belajar (kognitif) siswa pada tiap siklus.
Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar siswa yakni: siklus I
nilai rata-rata kelas sebesar 6,97 dengan ketuntasan belajar 72,22%, siklus II
sebesar 7,56 dengan ketuntasan belajar 80,56%, dan siklus III 8,38 dengan
ketuntasan belajar 88,89%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan
strategi PBAS pada pembelajaran produktif 1 dapat meningkatkan ketuntasan
belajar dan keaktifan siswa di kelas X TMO-1 SMKN 6 Bandung.
Kata kunci : Penerapan strategi PBAS, Pembelajaran Produktif 1, Keaktifan,
Prestasi.
Untuk mengunduh Skripsi diatas silahkan klik
No comments:
Post a Comment