Saturday, February 15, 2014

Tugas Akhir - PERANCANGAN MEKANISME PENGGERAK RODA BELAKANG


Perancangan Mekanisme Penggerak Roda Belakang Pendukung Rancang Bangun Dan Modifikasi Mobil Mini GP

Herna Raharja, NIM. 034819, Pembimbing I : Drs. H. Sulaeman, M.Pd; Pembimbing II : Sriyono, S.Pd. Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FPTK UPI Bandung Tahun 2008

  ABSTRAK

Rancang bangun mobil mini GP ini didasarkan atas minat masyarakat, terutama anak-anak, terhadap kendaraan mini seperti sepeda motor mini dan lain-lain. Namun untuk kendaraan bermotor roda empat (mobil), produksinya belum sebanyak produksi sepeda motor mini, bisa dikatakan belum bermasyarakat, sedangkan minat mereka terhadap mobil sangat tinggi, hal ini terbukti dengan banyaknya anak-anak dibawah umur yang senang mengendarainya.
Mobil mini GP ini dirancang dengan memperhitungkan aspek ergonominya, untuk siapa kendaraan ini dibuat, disamping itu juga diperhatikan masalah faktor keamanan, mengingat kendaraan ini diperuntukan bagi anak-anak usia 8 hingga 14 tahun, dan sudah barang tentu kecepatan maksimal juga harus dibatasi agar tidak terjadi kecelakaan saat kendaraan dioperasikan.
Perancangan mobil mini GP dikerjakan oleh 6 (enam) orang dengan pembagian kerjanya yakni: perancangan rangka mobil, pemilihan dan modifikasi engine, perancangan penggerak roda kendaraan, perancangan sistem bahan bakar, perancangan sistem pendinginan, dan perancangan sistem kelistrikan bodi.
Pada perancangan penggerak roda, penulis merancang penggerak roda belakang, dimana komponen utamanya yakni mekanisme bevel gear (untuk menghubungkan output shaft transmission ke propeller shaft), propeller shaft, differential dan rear axle shaft. Pada perancangan ini, tidak semua yang dirancang penulis buat, selebihnya dilakukan pemilihan berdasarkan hasil perhitungan dan modifikasi benda yang sudah ada.
Produk yang dibuat adalah propeller shaft dengan dimensi: diameter poros 25,4 mm, tebal 5 mm, panjang 110 mm, berat 5 Kg, bahan S 30 C-D dengan kekuatan poros 48 Kg/mm2. Bahan yang dilakukan pemodifikasian adalah rear axle shaft untuk mobil Daihatsu H-Jet 1000 dengan dimensi hasil modifikasi: diameter tetap 20 mm, panjang poros @ 30 mm. Sedangkan differential yang digunakan adalah differential Daihatsu H-Jet 1000, dengan mempertimbangkan berat differential yang cukup ringan yakni 15 Kg, dengan gear ratio 3,5. Untuk menghubungkan output shaft transmission ke propeller shaft, maka digunakan bevel gear milik TRISEDA, pemilihan ini didasarkan pada perhitungan kekuatan puntir, konstruksi, berat dan bahan bevel gear yakni S 45 C dengan kekuatan puntir 58 Kg/mm2.
Berdasarkan hasil perhitungan, maka pemilihan bevel gear aman digunakan karena kekuatan puntir di bawah batas kekuatan puntir bahan yakni 1,1 Kg/mm2. Bahan propeller shaft yang digunakan sangat aman digunakan, karena kekuatan puntir yang harus diterima lebih rendah dari kekuatan puntir bahan, yakni 14,22 Kg/mm2 dengan sudut puntir () sebesar 0,568o. Pemilihan komponen lainnya juga sesuai dengan hasil perhitungan, dimana setelah seluruh komponen disatukan menjadi satu mekanisme penggerak roda belakang, didapat daya efektif kendaraan sebesar 0,034 Kw/Kg berat kendaraan, dengan kecepatan maksimum 70 Km/Jam. 

Untuk mengunduh Tugas Akhir diatas silahkan klik